Inilah Spesifikasi Komputer Server untuk Kantor Anda

Spesifikasi komputer server untuk kantor sangat berbeda dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk komputer kerja atau workstation. Komputer kerja (ada juga yang mengistilahkannya dengan komputer rumahan) hanya melayani kebutuhan satu pemakai saja. Oleh karena itu, Ia tidak memerlukan spesifikasi tingkat tinggi.

Sebaliknya, komputer server dirancang untuk melayani banyak pengguna sekaligus. Komputer ini biasanya digunakan untuk menyimpan data kolektif, yang bisa diakses oleh semua orang yang memiliki akses. Lalu bagaimana komputer ini bekerja? Bagaimana spesifikasinya agar dia bisa berjalan dengan lancar? Simak tulisan berikut.

Spesifikasi Komputer Server untuk Kantor

spesifikasi server komputer

Meskipun terkesan super serius, sebenarnya komputer server tidak hanya digunakan untuk kantor. Namun usaha yang lain seperti sekolahan, toko atau Usaha Kecil Menengah lain juga dianjurkan menggunakan komputer server. Namun sebelum Anda membeli sebuah komputer untuk server, baca dulu beberapa komponen wajib ini.

1. Processor

Prosesor bisa dimaknai sebagai otaknya komputer. Kalau prosesornya memiliki kecepatan tinggi dalam menjalankan perintah, maka secara umum, komputer tersebut bisa dikatakan bagus. Oleh sebab itu, prosesor merupakan salah satu aspek paling penting yang perlu diperhatikan dalam membangun atau membeli komputer server.

Prosesor Intel seri Xeon adalah prosesor yang memang didesain untuk server. Memiliki frekuensi turbo di varian terbaru, prosesor ini bisa diandalkan untuk menjalankan tugas sebagai server. Jadi, untuk kelancaran bisnis Anda, pastikan ada prosesor yang baik dan pas dalam setiap komputer server di kantor. Komputer server terbaik biasanya memiliki prosesor terbaik pula.

2. RAM

Bila prosesor adalah otaknya, maka RAM (Random Access Memory) bisa diibaratkan sebagai ototnya. Dikatakan otot sebab RAM mempengaruhi kecepatan kinerja. Di zaman ini, rata-rata RAM yang dimiliki sebuah komputer biasa berkisar antara empat hingga tiga puluh dua Giga byte. Semakin besar RAM yang terinstall, semakin cepat kinerja komputer.

Untuk RAM komputer server, tentunya dibutuhkan RAM lebih tinggi ketimbang komputer biasa. Pastika di dalam komputer server yang Anda beli terdapat RAM lebih dari delapan giga byte. Lalu berapa ukuran paling tinggi? Jawabannya adalah tak terhingga. Semua tergantung kebutuhan kantor atau bisnis Anda.

3. Media Penyimpanan

Yang namanya server, pasti banyak data di dalamnya. Oleh sebab itu, Anda harus menyiapkan tempat penyimpanan yang besar. Ada dua tempat penyimpanan data digital yang kita kenal saat ini. Harddisk dan SSD (Solid State Drive). Keduanya memiliki plus minus sendiri.

Harddisk mempunyai harga yang murah, namun dari sisi kecepatan masih kalah dari SSD. Sebaliknya, SSD sangat cepat dalam mengakses data, namun harganya mahal. Bagaimana sebaiknya? Kalau bisnis Anda membutuhkan akses ke data yang besar, pilih Harddisk. Namun jika bisnis Anda membutuhkan kecepatan, pilih SSD.

4. Komponen Pendukung

Kini, Anda sudah mengerti tipe prosesor, RAM dan media penyimpanan yang cocok untuk bisnis. Sekarang kita beralih ke komponen pendukung. Meski disebut sebagai komponen pendukung, namun hal-hal dibawah ini tak kalah pentingnya demi mendukung kinerja komputer yang cepat dan tidak menghalangi kesuksesan bisnis Anda.

Yang pertama adalah OS atau sistem operasi. Anda bisa memilih Windows Server, Distro Linux Red Hat Enterprise, Citrix Xenserver, VMWare dan sebagainya. Kedua, sebaiknya install juga kartu grafis atau graphic card. Kartu ini akan meringankan kinerja komputer jika bisnis Anda bergerak di bidang grafis.

Baca Juga : Mau Beli Server Bekas? Berikut Tips Agar Tidak Menyesal

Tips Membeli Komputer Server

mencari komputer server terbaik

Mudah sekali sebenarnya, bila Anda ingin beli komputer server. Langkah pertama adalah tentukan apa yang bisnis Anda perlukan. Apakah kecepatan? Keamanan? Luasnya media penyimpanan? Atau Anda ingin menghemat budget untuk membeli perlengkapan kantor yang lain?

Kalau hal-hal di atas sudah bisa Anda petakan, langkah selanjutnya akan lebih mudah. Belilah komputer server yang sesuai dengan keperluan. Bila Anda masih bingung, Anda bisa menghubungi teknisi IT. Mereka akan membimbing Anda mendapatkan komputer server yang pas untuk bisnis Anda.

Kesimpulan

Komputer server sangat berbeda dengan komputer biasa. Bila komputer rumahan hanya berfungsi untuk melayani satu pengguna, komputer server didesain untuk digunakan oleh banyak orang sekaligus. Ini berfungsi sebagai basis data untuk perusahaan Anda.

Bagaimana, sudah ada bayangan mau beli komputer server yang seperti apa? Agar semakin banyak orang yang terbantu menemukan komputer server yang pas, silahkan share spesifikasi komputer server untuk kantor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat / Call -> 087889921219