August 22, 2017

UPS dan Printer

Jual beli UPS dan printer bekas di Jakarta menyediakan berbagai barang elektronik yang Anda butuhkan, dua di antaranya adalah UPS dan printer. UPS adalah barang elektronik yang fungsinya sangat penting bagi komputer Anda, yaitu mampu menyediakan pasokan listrik selama setengah jam setelah listrik dari PLN mati. Sedangkan printer berguna untuk mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak. Printer sangat dibutuhkan, terutama oleh pelajar, mahasiswa dan pegawai untuk memudahkan mereka mencetak hasil pekerjaan yang dilakukan di komputer. Hal penting yang harus Anda perhatikan sebagai pengguna komputer ialah kestabilan pasokan listrik. Bagaimana jika sedang mengerjakan tugas, bermain game atau melakukan aktifitas lainnya, tiba-tiba listrik padam? Padahal pekerjaan tersebut belum sempat disave.

Listrik yang padam tersebut sebetulnya bukan disebabkan oleh kualitas pelayanan PLN, melainkan penggunaan jaringan listrik yang terlalu banyak. Biasanya, listrik padam yang disebabkan oleh hal tersebut terjadi secara tiba-tiba dan bisa berlangsung lama. Maka dari itu, memiliki UPS adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menjaga kestabilan pasokan listik ke komputer apabila listrik padam sewaktu-waktu.

Jual Beli UPS dan Printer Bekas di Jakarta

Dengan memiliki UPS, Anda bisa menyelamatkan data, menyimpan game supaya terhindar dari kerusakan data atau file dan meminimalisir kerusakan hardware pada komputer karena seringnya listrik mati secara tiba-tiba, sehingga dapat terhindar dari pengeluaran biaya yang cukup besar untuk mengganti komponen-komponen rusak tersebut.

Contact:
E-mail: sparta_computindo[at]yahoo.co.id
BBM: 5207B9E3
WA: 0877-8014-9485
Phone: 087889921219

Tips Sebelum Membeli UPS dan Printer Bekas

Membeli barang elektronik, terutama UPS dan printer bekas memang beresiko, terutama bila Anda mendapatkannya dari situs online. Barang yang datang tidak selalu sesuai ekspektasi, bahkan ada pula yang cacat, rusak hingga tidak dikirim sama sekali. Jadi, Anda harus benar-benar teliti jika ingin membelinya karena tak sedikit penjual yang berbuat curang demi mendapatkan keuntungan.

ups printer

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli UPS bekas:

  1. Cari informasi apakah vendor UPS yang akan dibeli merupakan perusahaan besar. Anda bisa mencari tahunya dari blog, media sosial atau forum-forum diskusi.
  2. Tanyakan pada penjual, apakah UPS bekas dipasangi baterai baru atau tidak. Pastikan juga komponen-komponen lainnya masih dalam kondisi bagus.
  3. Jangan membeli UPS bekas yang baterainya telah diperbaiki. Sebab, baterai UPS tidak bisa diperbaiki dan kalau sudah mati harus diganti dengan yang baru.
  4. Kalau Anda melakukan negoisasi atau tawar menawar dengan penjual, pastikan untuk menawarnya mulai dari 50% dari harga UPS baru. Misal, harga UPS baru sekitar Rp3.000.000, maka tawar mulai dari Rp1.500.000.
  5. Usahakan untuk bertanya masalah garansi pada penjual supaya Anda bisa mengklaimnya apabila terjadi kendala pada UPS bekas tersebut.
  6. Hitung biaya pengiriman dan pastikan memilih ekspedisi yang murah, tapi terpercaya. Sebab, bila Anda kurang hati-hati dalam melakukan perhitungan, bisa mengakibatkan pengeluaran membengkak.

Jika telah mendapatkan UPS bekas yang sesuai keinginan, Anda bisa merawatnya secara rutin supaya bisa dimanfaatkan secara maksimal. Perawatan tersebut bisa dimulai dari mengecek penggunaan baterai. Umumnya, baterai generasi baru akan berumur lebih lama dibanding generasi sebelumnya. Kalau masa baterainya sudah habis, segera beli yang baru supaya UPS lebih awet.

Tips Membeli Printer Bekas

Saat hendak membeli printer bekas, usahakan untuk tidak mengesampingkan kinerjanya. Tentu Anda tidak mau tertipu dengan casingnya yang masih bagus, tapi kemampuan untuk mencetak dokumen tidak dapat diandalkan. Bila membeli printer di toko online, sudah pasti Anda tidak bisa melihat bentuknya dan mencoba kualitas cetak printer itu secara langsung. Di sana hanya tersedia deskripsi singkat mengenai perangkat elektronik tersebut yang ditulis oleh penjual.

Jadi, selain membaca deskripsi dan menghubungi penjual melalui telepon atau email untuk memastikan kondisi printer, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

  1. Pastikan penjual menunjukkan kualitas hasil cetak printer bekas pada Anda. Walaupun kualitasnya berbeda dengan hasil cetakan printer baru, tapi setidaknya masih jelas komposisi kecerahan warnanya. Dengan kata lain tidak samar atau buram.
  2. Bila printer masih dalam kondisi prima, biasanya kecepatan cetak dokumen yang dilakukan tidak akan memakan waktu sampai lima menit.
  3. Tanyakan pada penjual, apakah printer tersebut pernah diperbaki atau tidak. Kalau sudah pernah melalui tahap perbaikan, artinya printer sudah mengalami kerusakan. Anda harus mengetahui mengenai kerusakan tersebut, apakah parah atau tidak.
  4. Pastikan mesin dan cartridge printer bekas masih original.
  5. Lakukan survey harga di situs-situs online sebelum menjatuhkan pilihan pada printer bekas. Lihat berapa harga baru dan bekasnya untuk memperoleh kisaran harga yang sesuai. Jangan mudah tergiur dengan penjual yang menawarkan harga murah dengan iming-iming diskon 50% dan sebagainya, tapi tidak jelas ketika ditanya perihal produk. Bisa jadi, penjual tersebut berusaha menipu Anda.
  6. Tanyakan garansi barang, apakah masih ada atau sudah tidak berlaku. Printer yang telah dipakai bertahun-tahun biasanya sudah tidak memiliki garansi, terutama bila mesinnya sudah dimodifikasi, seperti dibuat sistem tinta infus dan sebagainya.

Kalau Anda mempunyai dana lebih, membeli UPS baru mungkin merupakan persoalan yang mudah. Karena fungsinya sangat penting bagi komputer, biasanya harga UPS yang baru sangat mahal. Jadi, bagi Anda yang ingin membelinya tapi terkendala biaya, sebaiknya pilih UPS bekas yang kondisinya masih bagus dan berfungsi dengan baik di jual beli UPS dan printer bekas di Jakarta. Itu supaya Anda tetap memperoleh manfaat yang sama dengan UPS baru.