Penjelasan Lengkap Sistem Komputer untuk Kasir

Komputer untuk kasir, sejatinya adalah kasir yang sudah menggunakan komputer sebagai alat bantu pada sistem pembayaran mereka. Komputer jenis ini memiliki dua bagian krusial. Dua bagian tersebut adalah perangkat keras komputer itu sendiri dan perangkat lunak atau software kasir. Silahkan baca sampai selesai agar Anda mengerti apa saja kebutuhan komputer kasir.

Setidaknya terdapat enam komponen yang biasanya ada pada sebuah sistem komputer untuk kasir. Enam komponen ini adalah CPU, monitor atau POS display, Laci uang, Printer khusus kasir, pole display (monitor pembeli) dan pembaca barcode atau biasa disebut barcode scanner. Kemudian jangan lupa software kasir, karena ini juga sangat penting.

Komponen Penting dalam Komputer untuk Kasir

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai bagian penting dari sebuah sistem pembayaran yang terkomputerisasi. Anda bisa membeli seperangkat komputer kasir yang baru atau bekas, asal masih bisa berfungsi dengan baik. Sistem komputer ini bisa diaplikasikan sebagai komputer kasir restoran, atau komputer kasir retail dan lainnya.

1. CPU Kasir

cpu komputer kasir

Sebagai otak dari sebuah sistem komputer, tentu saja peranan CPU sangat penting. Yang perlu Anda perhatikan sebagai pemilik usaha adalah bahwasannya CPU untuk kasir berbeda dengan CPU untuk keperluan sehari-hari. Meskipun Anda bisa menggunakan CPU biasa. Mengapa? Karena penggunaan mesin kasir sangat lama. Dari jam toko buka, sampai toko tutup.

Oleh karena itu, pilihlah CPU yang memiliki banyak lubang udara. Ini untuk menghindari komponen komputer yang terlalu panas atau disebut juga overheat. Pastikan juga dalam CPU tersebut memiliki harddisk yang didesain untuk bekerja 24 jam. Masalah RAM disesuaikan dengan keperluan software. Yang tak kalah penting adalah power supply (PSU). Usahakan memiliki PSU yang baik.

2. Layar LCD atau POS Display

lcd komputer kasir

Karena kita sedang berbicara tentang bisnis, berarti Anda tidak perlu menggunakan LCD yang memiliki refresh rate tinggi. Pilihlah LCD yang berdaya dan radiasi yang rendah. Layar monitor ukuran 15 inchi sudah cukup memadai. Untuk merk, Anda bisa memilih apakah ingin menggunakan Philips, Fujitsu, LG, Samsung atau merk lain. Bebas, yang penting berfungsi dengan baik.

3. Printer Khusus Kasir

harga printer untuk kasir

Anda pasti pernah menerima struk atau catatan belanja dari toko swalayan. Kertas tersebut dicetak menggunakan printer kasir. Memang Anda bisa menggunakan printer biasa yang besar itu. Tapi pasti sangat repot dan memenuhi tempat. Printer kasir berukuran kecil sehingga tidak memerlukan tempat banyak. Pastikan Anda memiliki printer ini di meja kasir.

4. Laci untuk uang

laci komputer kasir

Kalau Anda membeli sistem yang sudah satu paket, biasanya akan mendapatkan semuanya, termasuk laci untuk uang. Dimana laci ini biasanya otomatis terbuka setelah transaksi selesai dan Anda menyerahkan uang Anda kepada kasir. Namun, bila Anda tidak memiliki laci otomatis, usahakan Anda memiliki laci yang aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekedar catatan, beberapa pemilik usaha melengkapi daerah kasir mereka dengan CCTV. meski ini bukan bagian dari sistem komputer pembayaran, namun CCTV di daerah ini patut Anda pertimbangkan. Karena hal ini akan membuat sistem kasir Anda akan lebih awet. Awet dari gangguan dari luar dan dalam manajemen.

5. Layar pembeli atau Pole display

pole display komputer kasir

Apakah jantung Anda pernah berdegup kencang melihat layar kecil di meja kasir yang menunjukkan saldo belanjaan? Layar itu namanya Pole display, atau customer display. Bentuknya kecil, dan seringkali monokrom atau hitam putih. Pengadaan pole display ini sangat penting agar konsumen percaya bahwa Anda transparan soal harga.

Baca Juga : 5 Tip Memilih Meja Komputer yang Cocok untuk Kantor

Kesimpulan

Demikian sistem komputer untuk kasir yang sederhana. Meskipun sekarang sudah tersedia paket mesin kasir android, namun perangkat yang kami tulis di atas masih banyak digunakan di swalayan kecil maupun besar. Yang jelas, sesuaikan semua dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kebanyakan yang memakai sistem android untuk kasir adalah usaha yang scope nya tergolong kecil, seperti warung, kios makan atau cafe. Sedangkan swalayan besar yang membutuhkan pencatatan detail serta rentan antrian biasanya menggunakan sistem komputer untuk kasir seperti di atas. Terimakasih sudah membaca sampai akhir dan silahkan share artikel ini bila bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat/ Call -> 087889921219