August 22, 2017

Server dan Monitor

Jual beli server dan monitor bekas di Jakarta sangat memudahkan konsumen yang ingin membeli barang elektronik idaman, tapi terkendala biaya. Server ialah komputer yang melayani permintaan dari komputer client (komputer yang merequest atau meminta aplikasi, file dan sebagainya) dengan menyediakan aneka sumber daya, di antaranya kapasitas memory dan hardisk yang lebih besar serta printer untuk digunakan bersama. Sedangkan monitor dibutuhkan untuk Anda yang sehari-harinya menggunakan komputer sebagai alat untuk menunjang pekerjaan. Monitor berfungsi sebagai output untuk menampilkan pemrosesan data-data berupa biner dan grafis agar pengguna mengetahui apa yang dioperasikannya pada komputer.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, komputer server memiliki tanggung jawab terhadap permintaan komputer klien dan lalu lintas data. Komputer server menyediakan resource yang dapat digunakan bersama oleh komputer klien dalam satu jaringan, baik itu berupa perangkat keras maupun aplikasi. Selain itu, komputer server juga bisa menyimpan file dan data yang bisa diakses menggunakan file sharing serta database atau aplikasi yang bisa dibuka oleh semua komputer.

server bekas

Perangkat tersebut dapat mengatur hak askes level dalam suatu jaringan, sehingga tidak semua client diberi izin untuk membuka data yang tersimpan di dalam komputer server. Fungsi komputer server yang cukup penting ialah melindungi komputer client dengan memasang anti malware atau firewall di komputer server.

Jual Beli Server dan Monitor Bekas di Jakarta

Bila dilihat dari manfaatnya, komputer server sangat dibutuhkan, terutama karena mampu menghemat biaya pengeluaran Anda. Misalnya, dengan menggunakan komputer server, satu printer bisa disharing ke semua pengguna lain. Maksudnya, Anda hanya membutuhkan satu komputer server itu saja supaya bisa digunakan oleh semua client di dalam satu jaringan untuk memakai printer.

Contact:
E-mail: sparta_computindo[at]yahoo.co.id
BBM: 5207B9E3
WA: 0877-8014-9485
Phone: 087889921219

Itu lebih hemat dibandingkan harus membeli printer banyak dan digunakan dalam satu jaringan. Tidak hanya printer, Anda pun bisa menggunakan scanner, memory dan harddisk secara bersama.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dengan membeli barang elektronik bekas dibanding beli baru. Beberapa di antaranya ialah harga lebih murah, Anda bisa mendapatkan barang yang lebih bagus dan penyusutan nilai barang sedikit. Di pasaran, harga barang bekas sudah pasti lebih murah daripada yang baru. Bahkan, Anda bisa menghemat hingga 70% apabila membeli dalam keadaan bekas. Misalnya, untuk komputer server seharga Rp 3.000.000, untuk perbedaan satu tahun harganya bisa berkurang sampai ratusan ribu hingga satu juta lebih. Karena perbedaan harganya cukup signifikan itulah, banyak orang yang mempertimbangkan untuk membeli barang bekas.

Selain itu, dengan membelinya dalam kondisi bekas, Anda bisa mendapatkan barang yang lebih bagus. Jadi, budget yang terbatas bisa dimanfaatkan untuk memperoleh barang yang kualitasnya lebih baik, tanpa mengurangi fungsi dari barang tersebut. Misalnya, barang A dijual dalam kondisi baru dengan tiga fitur andalan seharga Rp 140.000.000. Sedangkan barang B dijual dalam kondisi bekas dengan 5 fitur utama dengan harga yang sama seperti barang A, padahal harga barunya sekitar Rp 200.000.000. Anda bisa memilih barang B yang bekas dengan beragam fitur tanpa harus mengeluarkan tambahan biaya.

Penyusutan nilai barang bekas juga sedikit. Jika Anda membeli barang bekas, terutama yang harganya sudah jatuh, umumnya nilai penyusutan harga tersebut tidak terlalu besar. Berbeda dengan membeli barang baru yang kemudian dijual lagi. Hal itu tidak akan membuat Anda kecewa ketika ingin menjual barang bekas kembali.

Tips Membeli Server dan Monitor Bekas

Sebelum memutuskan untuk membeli perangkat elektronik bekas, seperti komputer server dan monitor, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Jangan sampai menyesal karena barang yang datang tidak sesuai ekspektasi.

Berikut tips membeli server bekas yang harus benar-benar diperhatikan:

  1. Pilihlah vendor server yang memberi layanan terbaik. Alangkah lebih baik bila Anda berkonsultasi dengan teman yang paham mengenai dunia IT.
  2. Cari informasi mengenai harga server, baik baru maupun bekas melalui internet.
  3. Sesuaikan dengan budget Anda, apabila tidak mampu membeli server bermerk, sebaiknya rakit sendiri. Tapi, diutamakan server yang bermerk, karena meskipun bekas hardware yang dibawa berkualitas.
  4. Pertimbangkan perkembangan data perhatinya, supaya Anda bisa memilih kapasitas harddrive yang tepat.
  5. Perkirakan apakah server tersebut bisa digunakan lebih dari 3-5 tahun ke depan dengan melihat perkembangan data serta jumlah client yang dilayani.
  6. Tempatkan server di ruangan khusus dan ber-AC.

Membeli Monitor Bekas

Di bawah ini, tips memilih monitor bekas, baik LCD maupun CRT agar mendapatkan barang yang bagus:

  1. Coba monitor second dengan mengecek gambar yang ditampilkan sampai tombol-tombol pengoperasiannya.
  2. Usahakan untuk memilih monitor bekas yang usianya masih muda, tidak lebih dari 3 tahun. Itu untuk menghindari kerusakan pada komponen monitor dan kemampuannya dalam menunjang pekerjaan Anda.
  3. Periksalah kabel VGA nya secara teliti, apakah seluruh pinnya masih utuh atau sudah ada yang patah.
  4. Pilih monitor yang layarnya masih terang, karena kalau sudah agak redup bisa diperkirakan tak lama lagi tabungnya rusak.
  5. Mintalah garansi dari penjual (apabila masih ada) dengan jangka waktu yang telah disepakati.

Salah satu kerugian yang bisa Anda alami ketika membeli barang bekas, namun kurang paham serta kurang berhati-hati ialah barang yang didapatkan dalam kondisi kurang baik. Bahkan, tidak jarang seseorang mendapatkan barang yang rusak, baik saat baru diterima maupun beberapa hari setelahnya. Apabila hal itu terjadi, maka Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk melakukan perbaikan dan penggantian.

Supaya terhindar dari kasus tersebut, pilihlah tempat jual beli barang elektronik bekas yang terpercaya seperti jual beli server dan monitor bekas di Jakarta.