Jenis lemari kantor dan kegunaannya sangat beragam. Saat ingin menyimpan dan mencari dokumen di kantor, terkadang Anda mengalami masalah seperti sulitnya menemukan tempat yang tepat. Itulah mengapa Anda perlu mengenali jenis lemari sebelum membeli dan menatanya di kantor.
Agar semuanya nyaman dan sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya kenali jenis jenis lemari kantor dan fungsinya! Tujuannya, agar semua data dan informasi dalam dokumen mudah ditemukan dan disimpan kembali secara aman dan rapi. Impian Anda akan data yang rapi bisa terwujud hanya dengan memilih 4 tipe lemari kantor ini!
Baca Juga : Alat-alat Kantor
4 Tipe Lemari Kantor dan Kegunaannya untuk Solusi Penyimpanan yang Pas!
1. Tipe Vertikal
Ini adalah lemari berdiri yang biasa Anda lihat di kantor atau di rumah. Bentuknya yang sederhana menjadikannya mudah untuk digunakan serta dibersihkan. Tidak perlu takut akan harga karena yang seperti ini biasanya tidak terlalu mahal. Masalah keamanan dan kerapian lemari seperti ini juga bisa berfungsi dengan baik.
Karena tidak menghabiskan tempat yang banyak, produsen furnitur membuat lemari kantor vertikal ini jadi fleksibel. Ini mudah dibongkar pasang tanpa tukang sekalipun. Salah satu kegunaan lemari kantor vertikal adalah bisa difungsikan sebagai partisi. Soal material lemari Anda pilih saja sesuai kebutuhan. Ada besi, kayu, plastik dan masih banyak lainnya
2. Tipe Portabel
Bila Anda memerlukan lemari yang lebih bisa dipindah sesuai kebutuhan (dan keinginan), Anda bisa memilih lemari jenis ini. Lemari tipe portable adalah lemari dengan empat roda di setiap sudut kaki nya. Biasanya, lemari jenis ini terbuat dari material metal. Namun tidak menutup kemungkinan terbuat dari bahan kayu.
Dengan roda-roda di kakinya, lemari arsip ini mudah dipindahkan dari satu ruang ke ruangan lainnya. Praktis. Anda bahkan bisa menjadikan lemari ini sebagai tempat penyimpanan di bawah meja. Sesuai namanya, lemari tipe portable sangat fleksibel. Dapat dipindah dan dikembangkan sesuai kebutuhan. Cocok untuk kantor yang sifatnya dinamis.
3. Tipe Gantung/Hangs Up
Bila ruangan kantor Anda sangat minimalis atau kecil, mengapa tak mencoba ide lemari kantor menggantung? Penempatan lemari gantung tentu menghemat tempat. Ide cerdas ini membuat Anda mendapatkan ruangan kantor yang nyaman tanpa harus berjubel dengan lemari kantor. Kini, Anda tak perlu ruang khusus lagi untuk menyimpan arsip.
Jangan khawatir soal keamanan karena biasanya jenis lemari ini dilengkapi dengan tempat sekrup yang kuat. Ini menjadikan lemari tipe gantung kokoh menempel di dinding tanpa Anda perlu takut jatuh.
4. Tipe Horizontal
Ini adalah kebalikan dari tipe vertikal. Kalau tipe vertikal tadi berdiri, tipe horizontal ini duduk, atau tidur. Lemari ini bertipe horizontal memanjang. Cocok buat ruangan kantor yang luas. Lemari ini juga bisa terbuat dari bahan apapun. Dari metal sampai material non metal seperti kayu.
Kemudahan menyimpan dokumen bisa Anda rasakan bila menggunakan jenis lemari kantor horizontal (disebut juga lateral). Anda akan mudah menjangkau berbagai dokumen di dalamnya tanpa alat bantuan seperti kursi atau tangga. Lalu bagaimana Anda merawat lemari di kantor agar dokumen Anda tidak rusak? Ini dia trik jitu merawat jenis jenis lemari di kantor!
Cara Merawat Lemari di Kantor
Merawat lemari di kantor membutuhkan beberapa langkah seperti: menyiapkan peralatan dan kotak untuk dokumen dari lemari, memindahkan semua dokumen dari dalam lemari, menyedot debu-debu di lemari menggunakan vacuum cleaner, menghilangkan debu yang sulit dijangkau dengan cotton bud, juga menghilangkan karat dengan amplas.
Selanjutnya Anda bisa mengelap lemari dengan kain lembab. Langkah terakhir keringkan setiap sudut lemari untuk menghindari kerusakan dokumen dan menurunkan tingkat kecelakaan di kantor. Tidak ingin kaki terkilir hanya gara-gara ambil dokumen, bukan?
Kesimpulan
Ide desain ruangan kantor seringkali menentukan pilihan jenis lemari kantor dan fungsinya. Ada yang membutuhkan fleksibilitas, kemudahan, keamanan, dan juga estetika. Solusinya dapat Anda temukan di 4 tipe lemari kantor dan kegunaannya. Apakah ingin mengatur folder secara vertikal atau horizontal? Apakah ingin menyimpannya secara dinamis atau statis?
Baca Juga : 6 Contoh Desian Ruangan Kantor Sedernaha Hemar Budget
Jenis lemari kantor dan kegunaannya pada dasarnya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Yang jelas, pastikan Anda memilih jenis lemari kantor yang memudahkan pengaturan folder agar mudah diidentifikasi. Share informasi ini ke medsos Anda, agar lebih banyak orang terbantu menemukan tipe lemari yang mereka butuhkan, sekarang juga.