Cara dan Tips Memilih Laptop untuk Programming

Laptop adalah cangkul elektronik di zaman ini. Dengan lahan pekerjaan yang luas, Anda membutuhkan cangkul untuk mengolahnya. Dan cangkul itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti programer yang setiap hari menulis kode. Butuh alat khusus. Kali ini kami menuliskan cara dan tips memilih laptop untuk programming.Hari ini, laptop bisa kita temukan dengan berbagai bentuk dan spesifikasi sampai Anda bingung bagaimana menemukan laptop buat programmer. Pada dasarnya, seluruh laptop bisa digunakan buat menulis kode atau programming. Tapi, pada kasus-kasus tertentu, ada software yang hanya bisa dijalankan laptop dengan spesifikasi tertentu.

Beberapa Tips Memilih Laptop untuk Programming

1. Perhatikan Ukurannya

memilih ukuran laptop untuk programming

Ada banyak varian ukuran laptop. Mana yang pas? Ini sangat bergantung pada kegiatan si pengguna itu sendiri. Bila Anda kerap bepergian serta tidak sering diam di tempat, pilih ukuran 13 sampai 14 inci. Dimensi tersebut gampang ditaruh ke dalam tas. Anda yang suka bekerja di satu tempat, pilih dimensi laptop lebih besar, misalnya 15 inci.

2. Ukuran Display

tips memilih display laptop untuk programming

Dimensi monitor biasanya sering dikira sepele dan tidak penting oleh sebagian orang. Padahal kinerja programer sedikit banyak dipengaruhi oleh resolusi layar. Dimensi layar yang sempurna buat programmer ialah 1920px x 1080px. Terutama saat Anda multitasking ataupun buat memandang barisan kode di dalam layar.

3. Processor

prosesor laptop programming

Processor pada laptop ataupun pc bagi programmer sangat berarti. Bila kita analogikan, processor merupakan otaknya suatu pc ataupun laptop dalam menerima data, melaksanakan perintah, dll. Khusus untuk processor ini, Core i3 menjadi pilihan minimum Anda. Tetapi, bila Anda mempunyai anggaran yang terbatas, Intel Dual Core juga telah lumayan buat melaksanakan programming.

4. RAM

ram laptop

Rumusnya, semakin besar RAM, semakin cepat kinerja laptop atau komputer. Sebab RAM merupakan membantu menjalankan program perangkat lunak di dalam laptop. Kapasitas RAM yang wajar di zaman sekarang adalah 4 GB. Kalau Anda menjalankan software pemrograman yang berat, pilih laptop dengan RAM minimal 8 GB.

5. Harddisk

harga harddisk laptop

Komponen pc yang lain yang juga penting yakni Harddisk. Usahakan memiliki Hardisk dengan volume 1TB (1 Terabyte). Ukuran ini pas untuk programmer mengingat projek dan program-program yang akan dikerjakan pada biasanya besar.

Tapi SSD merupakan pilihan yang sangat baik, bila Anda mempunyai budget yang lebih. Kelebihan SSD dibanding Harddisk sangat besar, mulai dari sisi performa (lebih cepat baca-tulis) sampai kapasitasnya. Harga SSD Laptop juga semakin murah. Anggap saja membeli SSD sebagai investasi.

6. Keyboard

keyboard laptop

Mungkin terdengar sepele tapi sesungguhnya sangat penting. Tugas dari seorang programmer yakni menulis bahasa program dan membuat software. Dan keyboard menjadi bagian tak terpisahkan dari tugas programer. Keyboard yang enak buat coding pada akhirnya bisa mempengaruhi kinerja programmer. Oleh karena itu, pilih laptop dengan keyboard yang nyaman.

7. Sistem Operasi

sistem operasi laptop

Sistem Operasi pada laptop, umumnya salah satu dari 3 tipe ini. Satu Windows, kedua Mac OS X, serta Linux. Untuk coding, OS yang paling baik adalah Mac OS X. Ini sudah banyak yang membuktikan. Namun tentu saja harganya mahal. Jika budget Anda terbatas, Anda bisa memilih laptop programming biasa untuk diinstall windows atau linux.

8. Kartu Grafis

vga untuk laptop programming

Selain coding untuk video game, terlebih untuk game dengan game engine 3D, adanya kartu grafis tidak begitu penting saat coding. Agar menghemat pengeluaran, Anda bisa memilih laptop dengan integrated graphic card. Sekali lagi, jika Anda ingin membuat game, maka kartu grafis eksternal (discreet) menjadi salah satu komponen yang harus ada.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Editing Video, Pilih Mana?

Penutup

Di era informasi, seorang programmer memegang peranan penting. Mereka membuat software untuk memudahkan kehidupan manusia. Namun profesi ini (seperti profesi yang lain) memerlukan alat khusus. Laptop yang diperlukan untuk menjalan pekerjaan ini dengan baik juga tidak main-main.

Memang dengan laptop office yang standar, seorang programmer sudah bisa membuat karyanya. Namun tentu saja, semakin bagus spesifikasi laptop, semakin sang programer bisa menghasilkan software yang lebih baik. Demikian cara dan tips memilih laptop untuk programming. Semoga bermanfaat dan silahkan di share di akun media sosial Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat/ Call -> 087889921219