Ini Spesifikasi Rekomendasi Komputer untuk Desain Grafis 2020

Menjadi seorang graphic designer atau desain grafis telah lama menjadi impian bagi sebagian orang. Ini sangat dimengerti sebab disamping pekerjaan yang asyik, karyanya juga dihargai mahal. Apalagi kalau mengerjakan proyek dari luar negeri. Berikut ini adalah rekomendasi komputer untuk desain grafis agar pekerjaan Anda bisa semakin baik.

Spesifikasi komputer untuk desain grafis berbeda dengan komputer untuk keperluan lain, misalnya pekerjaan office atau coding. Komputer atau laptop yang diperlukan untuk desain sangat spesifik. Untungnya, sudah banyak pabrikan yang sadar akan kebutuhan para desainer ini.

Rekomendasi Komputer untuk Desain Grafis

Berikut adalah rekomendasi komputer yang digunakan untuk desain grafis. Di daftar ini, kami tidak menyertakan harga, sebab Anda bisa mencarinya sendiri di internet (dan harga bisa berbeda). Anda juga bebas mau beli baru atau beli komponen yang bekas, dengan syarat mesin tersebut masih bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga : 5 Tip Memilih Meja Komputer yang Cocok untuk Kantor

1. Pilih prosesor yang memiliki 4 Core CPU (Lebih banyak lebih baik)

cpu komputer untuk desain grafis

Di tahun 2020 ini, sebenarnya Anda masih bisa menggunakan prosesor berinti ganda. Bila pekerjaan Anda hanya sebatas mengetik. Namun, bila Anda desainer grafis profesional yang memerlukan program seperti Corel Draw, Illustrator, Photoshop atau pengolah grafis yang lain, sebaiknya mencari CPU berinti empat atau lebih.

CPU ini berfungsi sebagai pusat pikiran komputer. Komponen ini akan bekerjasama dengan komponen lain (VGA dan RAM) untuk menghasilkan kinerja yang baik dan responsif. Kalau bisa, semua bagian memakai komponen kelas tinggi. Meski mahal di awal, namun ini adalah investasi Anda.

2. Kartu grafis kelas atas

vga komputer

Bicara masalah kartu grafis untuk komputer desain atau VGA, ada banyak sekali yang bisa Anda pilih. Mau seri kartu grafis untuk gaming dari nVidia atau Radeon, silahkan pilih yang mana. Mau langsung beli nVidia Quadro yang memang diperuntukkan untuk komputer desain 3D juga boleh. Semua disesuaikan dengan budget Anda.

Kartu grafis ini bertugas untuk membantu CPU dalam mengolah tampilan gambar. Semakin bagus dan besar memori kartu grafis, semakin nyaman Anda menggunakan program pengolah gambar. Menggerakkan, mengubah, memberi efek gambar akan sangat cepat bila Anda didukung dengan VGA yang memiliki memori besar.

3. RAM minimal 8 GB

ram komputer untuk desain grafis

Seperti yang kami utarakan, bahwa komputer untuk desain grafis memiliki persyaratan yang berbeda dengan komputer atau laptop kebanyakan. Di sektor RAM, meski banyak laptop yang digunakan desainer pemula berkisar di angka 4 GB, tapi untuk seorang profesional, 8 GB itu minimal.

Jumlah RAM untuk Komputer Grafis mempengaruhi kecepatan kinerja komputer. Di program pengolah grafis, RAM Anda akan dengan mudah penuh. Apalagi, sebagai desainer, biasanya mereka membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan. Jadi, sekali lagi, usahakan membeli RAM minimal 8 GB. Bila Anda ingin nyaman bekerja, tambah RAM hingga 16 atau 32 GB.

4. Media penyimpanan 1 TB atau lebih besar lagi

memori komputer

Menjadi desainer grafis profesional, berarti Anda akan berurusan dengan file berukuran besar. Kadang Anda harus menggunakan file kiriman yang sangat besar. Di waktu yang lain, Anda akan mendapat pesanan pembuatan baliho atau spanduk yang juga berukuran besar. Dan ini tentu saja sangat memakan ruang dalam media penyimpanan.

Selain berukuran besar, sebaiknya Anda juga menyiapkan SSD di paket komputer yang akan Anda beli. SSD adalah media penyimpanan yang memiliki akses sangat cepat sehingga memudahkan pekerjaan Anda. Dan harga SSD juga tidak semahal dulu. Inilah saatnya Anda berinvestasi untuk masa depan.

5. Sistem Operasi dan Software Original

software komputer

Mengapa harus original? Bukankah sistem operasi dan software bajakan juga bisa bekerja dengan baik? Menyikapi hal ini, ada dua sisi. Yang pertama, apakah Anda tega menggunakan alat curian sebagai alat utama mencari nafkah? Ingat, membajak berarti mencuri.

Yang kedua, software dan sistem operasi original akan mendapat banyak update dari pengembang. Sehingga, ini akan menghilangkan banyak bug yang mengganggu. Bila Anda menggunakan program bajakan, bila ada yang tidak beres, biasanya hanya akan berakhir dengan install ulang. Dan ini tentu saja kurang baik untuk seorang profesional.

Kesimpulan

Investasi untuk beli komputer desain grafis memang tidak murah. Beberapa daftar di atas belum termasuk monitor, kibor, mouse serta power supply. Yang apabila semuanya dibahas tentu akan sangat panjang. Bila diperlukan, Anda juga bisa datang ke toko komputer untuk berkonsultasi tentang keperluan pembelian komponen komputer ini.

Atau, komputer desain grafis bekas juga bisa menjadi pilihan kalau Anda ingin komputer desain grafis murah. Ingat, bekas tidak selalu buruk. Bahkan bisa jadi Anda mendapat komputer yang powerfull dengan harga miring. Demikian rekomendasi komputer untuk desain grafis. Kami harap tulisan singkat ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share di media sosial Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat / Call -> 087889921219